Power Point

A. PENGERTIAN PPL

Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.
Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer.

B. MANFAAT DAN KEGUNAAN

Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint
Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :

1. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.
4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide

C. KEKURANGAN DAN KELEBIHAN 

Kelebihan  Ms. PowerPoint diantaranya yaitu :
1. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
2. Tersedia beragam desain dan template yang menarik.
3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.
4. Dapat mengedit foto secara langsung.
5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.
6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding).


Kekurangan Microsoft Powerpoint
1. Adanya licensi yang memungkinkan penggunanya untuk membayar program aplikasi powerpoint ini

D. MENGUBAH TAMPILAN LEMBAR KERJA POWER POINT

Power Point adalah salah satu aplikasi paket dari microsoft office yang digunakna untuk membuat presentasi, agar penyajian data dan informasi yang diberikan lebih menarik dan lebih jelas. Selain digunakan untuk menyajikan slide persentasi, mixrosoft power point juga datat digunakan untuk menyusun persentasi versi cetak.


Lembar kerja microsoft power point dilengkapi dengan menu dan ikon sebagai perangkat pendukung aplikasinya. Terdapat beberapa menu sperti Title Bar, Button, Dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya kita simak uarain berikut ini yang akan mengupas seputar bagian-bagian lembar kerja ms.power poitn dan fungsi nya.
-Office Button
- Tombol Office Button dignakna untuk mengakses perintah-perintah dasar yang berhubungan dengan dolumen atau file yang kita buas, seperti perintah membuka file baru, mencetak, menyimpan dan menutup lembar kerja.
- Quick Acces Toolbar
- Fungsi dari quick acces toolbar yaitu digunakan untuk mengakses perintah cepat. Biasanya bagian ini terdiri atas tiga ikon yaitu undo, repeat, save, namun ikon tersebut dapat dirubah dengan memilih ikon pada Custom Quick Acces Toolbar.
- Tittle Bar
- Title bar menunjukkan nama dokumen yang sedang aktif.
- Control Windows
- Control Windows digunakan untuk menutup lembar kerja, meminimize dan me restor view lembar kerja ms.Point
- Tab Ribbon
- Tab Ribbon merupakan tab yang berisikan menu-menu yang digunakan untuk menunjukkan perintah-perintah untuk mengolah dokumen yang sedang dibuat.
- Group
- Group merupakan sebuah kumpulan tool yang memiliki kesamaan fungsi.
- Ribbon
- Ribbon merupakan deretan tools yang ada dalam tab ribbon. Ribbon memeiliki berbagai macam fungsi dan kegunaannya dalam membuat atau mengedit dokumen yang dibuat.
- Tab Outline Panel
- Tab Outline Panel merupakan tombol yang digunakan untuk menampilkan outline Panel atau deretan panel yang telah dibuat.
- Slide Panel
- Slide Panel adalah deretan slide yang telah dibuat dan ditampilan dalm bentuk thumbnail atau mibi slide.
- Slide Number
- Slided Number merupakan tampilan yang terletak pada pojok sebelah kiri yang berguna untuk menampilkan urutan nomor slid eyang aktif dan jumlha slide yang telah dibuat.
- Notes
- Notes merupakan tempat yang digunakan untuk menulis teks catatan penunjuk, atau refensi untuk presentasi. Bisa saja dalam setiap slide memiliki catatannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan.
- View Mode
- View Mode merupakan bagian yang menampilkan pilihan tool yang digunakan untuk mengatur mode tampilan slide normal, slide sorter atau untuk menjalankan presentasi.
- Zoom
- Zoom Slide digunakn untuk mengatur memperbesar atau memperkecil tampilan slide.
- Slide
- Slide yaitu lembar kerja utama dari ms.point yang digunakan untuk memasukan data dan berbagai macam fitu kelengkapan slide.
- Place Holder
- Place Horder yaitu kotak data yang tersedia secara default,meskipun default kotak data tersebut dapat kita ubah sesuai dengan dokumen persentasi yang akan dibuat.
Catatan:
Untuk memperindah tampilan persentasi, kita dpat mengedit sesuai dengan imajinasi dan keinginan kita.

E. CARA MEMBUKA PROGRAM POWER POINT

1. Klik start
2. Klik all program
3. Klik microsoft office
4. Klik microsoft office power point 
5. maka akan tampil lembar kerja Microsoft PowerPoint

F. MEMBUAT PRESENTASI

Dengan PowerPoint di PC, Mac, atau perangkat seluler:
* Buat presentasi dari awal atau dari templat.
* Menambahkan teks, gambar, seni, dan video.
* Memilih desain profesional dengan PowerPoint Designer.
* Tambahkan transisi, animasi, dan gerakan.
* Menyimpan ke OneDrive, masuk ke presentasi Anda dari komputer, tablet, atau telepon.
* Berbagi dan bekerja dengan orang lain, di mana pun mereka berada.

Membuat presentasi
1. Buka PowerPoint.
2. Di panel kiri, pilih Baru.
3. Pilih salah satu opsi:
    * Untuk membuat presentasi dari awal, pilih Presentasi Kosong.
    * Untuk menggunakan desain yang disiapkan, pilih salah satu templat.
    * Untuk melihat tips menggunakan PowerPoint, pilih Ikuti Tur, lalu pilih Buat, .

Menambahkan slide
1. Pada gambar mini di panel kiri, pilih slide yang diinginkan untuk diikuti slide baru.
2. Di tab Beranda, di bagian Slide, pilih Slide Baru.
3. Di bagian Slide, pilih Tata Letak, lalu pilih tata letak yang Anda inginkan dari menu.

Menambahkan dan memformat teks
1. Letakkan kursor di dalam kotak teks, lalu ketikkan sesuatu.
2. Pilih teks, lalu pilih satu atau beberapa opsi dari bagian Font pada tab Beranda, seperti Font,Perbanyak Ukuran Font,Kurangi Ukuran Font,Tebal,Miring,Garis Bawah,dll.
3. Untuk membuat daftar berpoin atau bernomor, pilih teks, lalu pilih Poin atau Penomoran.

Menambahkan gambar, bentuk, dan lainnya
1. Buka tab Sisipkan.
2. Untuk menambahkan gambar:
    * Di bagian Gambar, pilih Gambar.
    * Dalam menu Sisipkan Gambar Dari, pilih sumber yang diinginkan.
    * Telusuri gambar yang diinginkan, pilih gambar tersebut, lalu pilih Sisipkan.
3. Untuk menambahkan ilustrasi:
    * Di bagian Ilustrasi, pilih Bentuk,Ikon , Model 3D, SmartArt, atau Bagan.
    * Dalam kotak dialog yang terbuka ketika Anda mengklik salah satu tipe ilustrasi, pilih item yang diinginkan, lalu ikuti perintah untuk menyisipkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertemuan 1

materi 2

Materi agama pertemuan 1 semester 2